Home Rehat Bareng Jalan Panjang Efran Efendi

Jalan Panjang Efran Efendi

Anggota DPRD Sumsel Efran Efendi dan Keluarga/ist

REHAT.iD – Berdirinya partai Gerindra di Sumatera Selatan (Sumsel) tak lepas dari campur tangan sosok Efran Efendi SH. Bersusah payah keliling Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan untuk membentuk struktur partai tingkat DPC, akhirnya Partai Gerindra yang menjadi nahkoda bagi Efran untuk menggapai kursi legislatir menjadi besar.

Awal mula perjalanan Efran di parlemen tidaklah mudah. Bapak tiga anak ini menceritakan karirnya di dunia politik tidak mulus begitu saja. Perjuangan berat dilaluinya saat dipercaya untuk membentuk pengurus partai di daerah bersama rekan-rekannya.

Gerindra yang kala itu sebagai partai baru sehingga tak banyak yang ingin bergabung. Namun sosok Efran Efendi tampaknya tak patah arang, bersama pengurus lainnya Efran terus berjuang untuk merangkul masyarakat agar turut bergabung di kepengurusan partainya.

Al hasil pada 2008, Partai Gerindra dinyatakan lulus verifikasi dan berhak mengikuti kontestasi pemilu. Dari sinilah, perjalanan karir legislatif seorang Erfan Efendi. Sukses membentuk pengurus partai, Efran lalu mencalonkan diri sebagai calon legislatif  DPRD Sumatera Selatan pada 2009 kemudian terpilih sebagai anggota DPRD Sumatera periode 2009-2014 dan berlanjut ke periode 2014-2019. Kini Politisi Gerindra itu kembali terpilih sebagai wakil rakyat DPRD Sumatera Selatan untuk periode 2019-2024.

Nampaknya suami dari Etty Septianti ini merupakan sosok legislator spesialis urusan insfrastruktur jalan. Dari awal menjabat sebagai anggota DPRD Sumsel Efran terus menyoroti persoalan jalan yang kerap disuarakan masyarakat terutama di daerah pemilihannya.

Ya, jalan merupakan akses penting bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas perekonomian. Jalan juga merupakan penggerak ekonomi masyarakat. Bayangkan jika kondisi jalan rusak, tentunya aktivitas masyarakan akan lumpuh, distribusi barang dari satu tempat ke tempat yang lainpun akan terhambat. Pentingnya keberadaan jalan ini menjadi fokus Efran Efendi. Anggota DPRD Sumatera dari daerah pemilihan OKU Timur ini selalu menempati komisi yang membidangi pembangunan dan insfrastruktur.

“Persoalan jalan ini selalu disuarakan masyarakat setiap kami melakukan reses dan kunjungan kerja,” ujar Efran Efendi.

Efran mengatakan dari total 1.500 Km lebih jalan provinsi di Sumsel, jalan provinsi terpanjang terdapat di wilayah OKU Timur. Kondisi jalan provinsi tersebut dari semula rusak parah kini berangsur membaik dan layak untuk dilalui. Memang persoalan anggaran menjadi kendala dalam perbaikan.

“Dari 2009 sampai akhir 2019 yang selalu keras diminta masyarakat dapil OKU Timur itu jalan provinsi, memang jalan provinsi di Sumsel itu paling banyak paling panjang ada di OKU Timur dan memang kondisi jalan benar-benar rusak parah,” kata Efran.

Melalui perannya di legislatif, Efran tak henti menyuarakan kondisi jalan tersebut baik melalui fraksi maupun Komisi dan rapat-rapat penting di DPRD. Sehingga asprirasi soal jalan yang diterimanya dari masyarakat dapat menjadi prioritas bagi pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

“Yang bisa kita kerjakan, yang bisa kita tuangkan hasil karya kita untuk di dapil sangat banyak sekali pembangunan-pembangunan baik yang masuk lewat eksekutif maupun hasil reses atau aspirasi masyarakat, apakah itu pembangunan jalan lingkungan, jalan provinsi dan pembangunan jalan negara,” ujar Efran.

Kembali terpilih untuk periode lima tahun kedepan, Efran masih menyisakan PR tentang perbaikan jalan. Dia akan memperjuangan aspirasi masyarakat Sumsel utamanya mengenai insfrastruktur jalan yang menjadi tonggak perekonomian masyarakat.

“PR kita masih berkisar masalah jalan dan jembatan. Dan ini akan terus kita suarakan di fraksi komisi dan rapat paripurna,” pungkasnya. (soe)

Biodata Lengkap

Nama                                   : Efran Efendi SH

Tempat Tanggal Lahir            : Lahat, 12 Desember 1971

Alamat                                 : Jalan Radil, No.31 Seduduk Putih Palembang

Agama                                    : Islam

Nama Istri                               : Etty Septianti

Jumlah anak                            : Tiga Orang

Partai Politik                           : Gerindra

Dapil                                       : OKU Timur

Riwayat Pendidikan                :

            SD Negeri 30 Lahat (1985)

            SMP Negeri 5 Lahat (1988)

            SMA Negeri 2 Lahat (1991)

            Universitas Muhammadiayah Palembang (2000)

Riwayat Organisasi                 :

            Anggota Pemuda Pancasila Kabupaten Lahat (1988-1992)

            Wakil Sekretaris KNPI Kota Palembang (2004-2008)

            Wakil Ketua DPD Gerindra Sumsel (2008)

Jabatan di DPRD

            Ketua Fraksi Partai Gerindra

            Anggota Banggar

            Anggota Komisi IV