Home Olahraga Senam Poco-Poco Mendunia

Senam Poco-Poco Mendunia

Foto:NET

REHAT.CO.ID – Momen sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dimanfaatkan betul oleh pemerintah untuk mengenalkan tradisi dan budaya Indonesia. Salah satu yang diangkat yakni Senam Poco-Poco.  Senam yang berasal dari Kota Manado Provinsi Sulawesi Tengah ini berhasil memecahkan rekor Guinness Book of World Record dengan jumlah peserta terbanyak.

 

Pemecahan rekor ini melibatkan 65 ribu peserta masing-masing 1.300 instruktur, pengurus, juga ketua regu yang berjoget bersama di beberapa ruas jalan di Jakarta. Mulai dari Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Silang Monas, Jalan MH Thamrin, Bunderan HI, hingga Jalan Sudirman. Presiden RI, Joko Widodo beserta Istri, Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla beserta Menteri dalam kabinet juga ikut meramaikan pemecahan rekor tersebut.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi seperti yang dikutip dari www.kemenpar.go.id mengatakan pemecahan rekor dunia tersebut dimaksudkan untuk menggemakan perhelatan Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia. “Tercatatnya kegiatan ini dalam buku rekor dunia membuat Indonesia jadi perhatian dunia. Sehingga gema Asian Games dimana Indonesia menjadi tuan rumah tersiar di seluruh dunia,” ujar Imam.

 

Pemecahan rekor dunia ini tidak akan berhenti pada Senam Poco-poco saja. Kedepannya, tradisi dan budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia akan dikenalkan lebih jauh lagi. “Nanti akan ada rekor-rekor lainnya yang akan dipecahkan,” ungkapnya.

 

Sementara di Palembang, Sumsel. Pemecahan rekor dunia Senam Poco-poco juga ikut diselenggarakan di Halaman DPRD Sumsel. Sebanyak lebih kurang 6 ribu peserta hadir untuk mengikuti Senam Poco-Poco massal. “Target awalnya 5.500 peserta. Namun yang hadir kurang lebih 6 ribuan. Pemecahan rekor ini diharapkan dapat menggalakkan lagi kebiasaan olahraga kepada masyarakat,” ungkap Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel, Tri Wardaya. (JAY)