Home Ekonomi Beredar Informasi Padam, ini Keterangan Resmi PLN

Beredar Informasi Padam, ini Keterangan Resmi PLN

REHAT.ID  – Kejadian padam listrik yang terjadi di sistem transmisi Tegangan Extra Tinggi di sebagian pulau Jawa nampaknya masih menyisakan kekhawatiran sebagian masyarakat di berbagai daerah.

Pada rilis resmi nya, PLN menyampaikan pada Hari Minggu (4/8) telah berhasil menormalkan kembali seluruh sistem kelistrikan di sebagian besar kota di Pulau Jawa. Pembangkit yang sudah masuk sistem sebesar 12.378 MW, dengan 23 GITET telah beroperasi.

Pada Selasa (6/8), sebagian masyarakat di Kota Palembang diramaikan dengan menyebarnya surat pemberitahuan Rencana Pekerjaan Pemeliharaan Instalasi Listrik yang disampaikan oleh PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palembang. Sebagian besar mengkhawatirkan akan terjadi padam total seperti yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya.

Dalam keterangannya saat dihubungi oleh awak media, Manager Komunikasi PT. PLN (Persero) UIW Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu menyampaikan bahwa PLN menyampaikan Rencana Pekerjaan Pemeliharaan Jaringan Listrik kepada masyarakat luas melalui media cetak lokal yang terbit pada hari Senin tiap minggunya. Dan untuk pelanggan-pelanggan tertentu, PLN menyampaikan secara langsung melalui surat resmi. Hal ini sebagai bentuk keterbukaan informasi dan bagian dari pelayanan PLN kepada pelanggannya.

Lebih jauh, Bakri mengatakan bahwa Rencana Pekerjaan Pemeliharaan yang disampaikan oleh PLN merupakan pemberitahuan pekerjaan dan bukan pemberitahuan pemadaman. “Mohon digarisbawahi, bahwa pemberitahuan yang disampaikan adalah rencana pekerjaan yang akan dilakukan, dan kami akan mengupayakan agar padam karena pekerjaan tersebut pada lokasi yang seminimal mungkin. Jadi bisa saja dilakukan upaya manuver jaringan atau lokalisir area padam, sehingga tidak semua daerah akan terdampak pekerjaan tersebut”, ungkapnya.

Lanjutnya, Bakri mengatakan bahwa Sistem kelistrikan di Jawa Bali dan Sistem kelistrikan di Sumatera merupakan sistem yang terpisah, sehingga kejadian padam di Jakarta beberapa waktu lalu tidak berimbas pada kota-kota di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya. “Insya Allah sistem kita tetap aman, tidak ada kaitannya dengan kejadian di Jakarta”, jelasnya.

Ditambahkannya bahwa setiap Rencana Pekerjaan Pemeliharaan yang dilakukan oleh PLN bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan yang dapat menyebabkan padam yang lebih luas dan lama. “Sama seperti peralatan teknis lainnya, pemeliharaan merupakan hal yang mutlak dan dilakukan secara periodik serta terjadwal. Hal ini untuk memastikan seluruh peralatan dapat bekerja maksimal dan mengantisipasi gangguan akibat kerusakan peralatan”, tutup Bakri. (Ril/soe)