Home Sumsel Komisi IV DPR RI Apresiasi Upaya Pemprov Sumsel Tekan Karhutla

Komisi IV DPR RI Apresiasi Upaya Pemprov Sumsel Tekan Karhutla

REHAT – Upaya maksimal yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dalam menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mendapatkan apresiasi dari para anggota Komisi IV DPR RI.

Apresiasi tersebut terungkap dalam rapat dalam rangka Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI  di Sumsel yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya bertempat di aula BinaPraja, Kamis (7/11).

Dalam rapat antara Komisi IV DPR RI  yang ketuai, Hasan Amirudin tersebut salah satunya membahas persoalan karhutla di Provinsi Sumsel yang nantinya akan dibawa ke pusat untuk dicarikan formula sehingga kasus karhutla di Sumsel tidak terjadi lagi waktu mendatang.

“Kita dari Komisi IV DPR RI juga menampung aspirasi dari Pemprov Sumsel, TNI/Polri untuk mencari formula dalak mengatasi persoalan karhutla  yang akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat,” ujar Hasan Amirudin.

Dia menilai sejumlah upaya Pemprov. Sumsel dan stakeholder lainnya dalam mengatasi karhutla. Selain pemadaman konvensional juga dilakukan pemadaman dengan memodifikasi cuaca. Serta pemadaman  jalur udara  water bombing.

“Beberapa langkah yang sudah dilakukan oleh Pemprov Sumsel untuk mengatasi karhutla ini sudah maksimal, mulai dari pencegahan hingga mengatasi  lahan yang terbakar,” tandasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Anggota Komisi IV DPR RI, Rizki Aprilia yang juga merupakan anggota DPR RI utusan Sumsel  yang mengungkapkan prilaku perusahaan perkebunan dan masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar. 

“Kita sama- sama mencari solusi terbaik bagaimana mencegah dan tidak mengulangi kesalahan ini terulang lagi,” paparnya.

Wakil Gubernur Sumsel Ir. H Mawardi Yahya dikesempatan tersebut mengucapkan selamat datang kepada anggota Komisi IV DPR RI ke Provinsi Sumsel yang khusus memantau perkembangan  karhutla di Sumsel mengingat daerah ini memiliki lahan gambut yang luas sehingga jika lahan terbakar  sulit dipadamkan. 

“Kami harapkan atas kehadiran bapak dan ibu disini menjadi angin segar bagi Provinsi Sumsel dengan harapan kedepan karhutla tidak ada lagi terjadi,” tegas Wagub.