Home Muba Masyarakat Puji Sinergi Pemkab Muba dan TMMD

Masyarakat Puji Sinergi Pemkab Muba dan TMMD

BATANGHARI LEKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) terus melakukan pembenahan infrastruktur yang sejalan dengan visi dan misi. Dalam melakukan pembenahan infrastruktur dan komitmen mensejahterahkan masyarakat, Pemkab Muba juga menjalin kerjasama dengan banyak pihak terutama dengan TNI.

Misalnya saja sinergi antara Pemkab Muba dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa SP 3 Bukit Sejahtera Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Muba.

“Alhamdulillah sinergi Pemkab Muba dengan kegiatan TMMD ini sangat menolong masyarakat sekitar, banyak infrastruktur yang dibangun dan memudahkan aktifitas kami,” ujar Kepala Desa Bukit Sejahtera, Aruji saat dijumpai Upacara Pembukaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa SP 3 Bukit Sejahtera Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten Muba, Rabu (10/7/2019).

Dikatakan, dengan sinergi Pemkab Muba bersama TNI banyak manfaat yang bisa dirasakan warga Pedesaan terutama di Desa Bukit Sejahtera. “Ada ratusan keluarga yang merasakan dampak dari program TMMD ini. Jalan sepanjang 5 kilometer dibangun dan membangun gorong-gorong serta banyak pemahaman dan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan TMMD ini dilaksanakan di Bukit Sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporan Komandan Upacara Kapten Inf Herman disampaikan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan membantu prmerintah dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, juang, alat juang, kondisi juang yang tangguh.

“Waktu pelaksanaan TMMD dimulai pada 10 Juli 2019 hingga 8 Agustus 2019. Pelibatan Personel dalam satgas-V TMMD ke 105 Kodim 0401 Muba sebanyak 150 orang, dengan dukungan anggaran TMMD ke 105 tahun 2019 melalui APBD dari Pemkab Muba,” jelasnya.

Dikatakan, sasaran fisik TMMD ke 105 meliputi pembukaan jalan panjang 5,5 Km x lebar 10 M, pembentukan badan jalan panjang 13 M x 8 M, Kemudian rehab jembatan besi 4 M x 24 M, Pembuatan Gorong-gorong 4 titik, pembuatan tembok penahan 24 M, pengerasan jalan dengan krokos panjang 1,5 M x 4 M.

“Sedangkan sasaran non fisik meliputi Bakti sosial pelayanan kesehatan KB, pemutaran film perjuangan, penyuluhan agama, penyuluhan kesehatan dan gizi, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan narkoba, pemutaran radikalisme, pertandingan volly, penyuluhan bela negara, pemutaran film perjuangan dan baksos pelayanan kesehatan,” urainya.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, Pemkab Muba akan terus bersinergi dengan banyak pihak yang khususnya memiliki visi untuk membangun Muba lebih maju dan mensejahterahkan masyarakat khususnya yang berada di kawasan pelosok.

“Program TMMD sangat sejalan dengan visi Pemkab Muba untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang diharapkan dapat memudahkan aktifitas perekonomian warga masyarakat setempat,” terang cucu Mayor Inf (Purn) Noerdin Pandji.

Sebagai program lintas sektoral secara terpadu, program TMMD dirancang dengan melibatkan TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.

“Keterpaduan berbagai komponen tersebut akan mampu menyerap aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah karena kegiatan TMMD dilaksanakan dengan mekanisme perencanaan secara bottom up,” urainya.

Peranan dan kerjasama yang sinergi antar stakeholder, baik Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, BUMD maupun Swasta serta partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD.

Turut hadir Danrem 044 Gapo Kol ARH Sonny Septiono, Aster Kasdam II Sriwijaya Kol Inf Rionaldo, Kapendam II Sriwijaya Kol Inf Djohan Darnawan, Ketua DPRD Muba Abusari Burhan SH MSi, Dandim 0401 Muba Letkol Arm M Saifudin Khoiruzzamani SSos, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE MM, Ketua Pengadilan Agama Sekayu Saifullah Anshari SAg MAg, dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sekayu.