Home Kesehatan Akhirnya Surmini Dapat Bantuan Kursi Roda

Akhirnya Surmini Dapat Bantuan Kursi Roda

REHAT.CO.ID – Lebih satu tahun lumpuh, Surmini (48) warga Desa Persiapan Jerambah Besi Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menangis tersedu-sedu ketika Dinas Sosial (Dinsos) PALI mengangkat badannya untuk duduk pada kursi roda yang dibawa Dinsos, Rabu (12/9).

Surmini mengaku bahwa sudah 14 bulan ini dirinya mengidap penyakit yang dianggapnya aneh, karena penyakit yang membuatnya lumpuh tersebut tanpa ada penyebab yang jelas dan dokter yang pernah memeriksanya hanya menyebutkan bahwa urat saraf Surmini terjepit.

“Kami tidak menyangka akan dibantu pemerintah seperti ini, karena kalau harus beli kursi roda, kami tidak mampu untuk membelinya. Sebelumnya aku normal, dan bisa bantu-bantu suami di kebun, tetapi berawal mimpi ditepuk pundak oleh orang yang tidak dikenal sejak 14 bulan lalu, ketika bangun tidur badan aku langsung kaku,” ujar Surmini sambil menyeka air matanya.

Diakuinya bahwa sejak mengalami mimpi itu, suaminya membawa dirinya ke bidan desa kemudian dirujuk ke Puskesmas, tetapi tidak ada perubahan sehingga sampai saat ini Surmini hanya bisa duduk dan terbaring dirumahnya.

“Sudah kemana-mana kami berobat pak, tapi tidak ada perubahan. Dan penyakit aku ini dibiarkan karena sudah putus asa, ditambah ketiadaan biaya untuk bolak balik ke Puskesmas atau rumah sakit,” tukas ibu empat orang anak itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial PALI melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi sosial Fahrudin pemberian bantuan kursi roda tersebut bukan hanya terhadap Surmini saja, melainkan ada dua kursi roda lagi yang akan diberikan kepada warga yang mengalami hal sama.

“Bantuan ini dari Pemkab atas prakarsa pak Bupati, pemerima bantuan bagi warga yang kurang mampu. Untuk kali ini kita bawa tiga kursi roda, salahsatunya diberikan kepada Ibu Surmini karena kami mendapat laporan dari masyarakat yang langsung kita tindaklanjuti dengan mendatanya, kemudian menyalurkan bantuan,” terangnya. (Rd).